Makalah ilmiah "Masalah Sosial Paedofil"


Mata Kuliah  :  Ilmu Sosial Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah

Analisis SWOT Masalah Sosial Paedofil

 


Kelas  :  1-IA23

Tanggal Penyerahan Makalah : 31 Oktober 2016
Tanggal Upload Makalah  :  01 November 2016



 

P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.



P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
51416457
BOBY PARDAMEAN







Program Sarjana Teknik Informatika


UNIVERSITAS GUNADARMA




KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, atas rahmat kesehatan,dan panjang umur yang diberikanNya kepada kita. Makalah ini membahas tentang kasus pedofilia yang kerap sekali menjadi buah bibir di negara Indonesia kita tercinta ini. Dalam penulisan makalah ini saya susun dengan sebaaik-baiknya dan semaksimal mungkin dengan mendapatkan bantuan dari beberapa sumber di internet dan buku yang telah sayabaca dan pelajari
            Terlepas dari semua itu saya pahami betul bahwa saya adalah manusia biasa yang tak luput daripada kesalahan dalam menuliskan makalah ini baik dalam segi kalimat yang kurang tepat,dan lain-lainya. Maka Karena itu dengan berlapang dada dan penuh keikhlasan saya bersedia menerima masukkan,nasihat,dan juga kritikan dari para pembaca semua terhadap makalah yang saya dokumentasikan ini.

Akhir kata saya harap makalah ilmiah yang berjudul “Masalah Sosial Pedofilia” dapat
Bermanfaat bagi kita semua,dalam raangka memerangi tindak-tindak kejahatan yang terjadi di negara kita atau bahkan didunia.



                                                                        Jakarta,30 Oktober 2016



                                                                              Boby Pardamean



DAFTAR ISI

BAB I PENDAHULUAN……………………..1
            1.1 LATAR BELAKANG………………1
            1.2 TUJUAN…………………………….2
            1.3 SASARAN…………………………..2
BAB II PERMASALAHAN……………………3
            2.1 KEKUATAN (STRENGTH)……….3
            2.2 KELEMAHAN(WEAKNESS)……..3
            2.3 PELUANG(OPPPURTUNITY)…...4
            2.4 TANTANGAN(THREATS)………..4
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI….5
            3.1 KESIMPULAN……………………………5
            3.2 REKOMENDASI…………………………5
DAFTAR PUSTAKA…………………………………6

BAB I. PENDAHULUAN
          1.1 LATAR BELAKANG
Pedofilia di Indonesia kerap kali terdengar di dalam berita nasional kita belakangan tahun ini.Pedofilia atau pedofil adalah sebuah gangguan kejiwaan yang dialami oleh kalangan remaja,dewasa,dan bahkan kalangan lanjut usia.Gangguan yang dialami adalah kelainan sexual primer yang ditandai bahwa para pedofil ini menyukai anak-anak. Apa penyebab pedofilia? Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi seseorang sehingga pada akhirnya mengalami kelainan sexual yaitu pedofilia,salah satunya adalah minimnya pemelajaran seks didalam keluarga dan sekolah,pergaulan yang tidak benar, dan bahkan terlalu sering menonton video porno juga menjadi faktor penyebab-penyebab seseorang mengalami gangguan sexual pedofilia.
            Masalahnya adalah bagaimana sikap pemerintah dalam mengatasi kasus pedofil yang tiap tahun makin meningkat jumlahnya.Sebenarnya Hukuman terhadap pelaku kejahatan seksual pada anak-anak yang diatur dalam UU No. 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak yaitu minimal tiga tahun, dan maksimal 15 tahun penjara.

Bahkan pemerintahan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono menyatakan pemerintah akan mengusulkan hukuman yang lebih berat kepada pelaku kekerasan terhadap anak, dengan mengajak DPR merevisi sejumlah pasal dalam Undang-undang Nomor 23 tahun 2002 tentang Perlindungan Anak. Dan di era pemerintahan presiden Jokowi bahkan telah disahkanya hukuman yang lebih berat lagi yaitu dengan hukum rajam.
                                   






1.2 TUJUAN
Dilatar belakangi masalah sosial pedofilia yang sering kali terjadi di masyarakat dewasa ini.Diharapkan makalah yang saya tulis ini dapat mengedukasi maasyarakat dalam mencegah bahaya pedofil yang mungkin saja dapat terjadi kepada anak-anak mereka.Dan mencarikan solusi untuk mengatasi maslalah sosial pedofilia ditengah-tengah masyarakat.

1.3 SASARAN
Dibuatnya makalah ini adalah dengan harapan bahwa para orangtua dan guru lebih memberikan pelajaran seks bagi anak-anaknya tetapi seusaikan dengan umur mereka pula.Dan mengajak seluruh kalangan masyarakat untuk bersama-sama memerangi kejahatan sosial pedofil yang sudah makin menjamur di Indonesia.
            Serta mengajak seluruh pelajar dan mahasiswa untuk turut aktif untuk memberikan edukasi bagi masyarakat disekitarnya agar dapat terciptanya lingkungan yang jauh daripada pedofilia.Serta untuk mengingatkan Pemerintah bahwa masalah pedofil ini tidak bisa dipandang sebelah mata dan harus ditangani secara serius dengan tempo secepat-cepatnya,karena anak-anak kecil di Indonesia merupakan calon masa depan bangsa Indonesia.






             




BAB II. PERMASALAHAN
Masalah pedofilia ini sudah makin menjamur dan tidaak bisa dibiarkan karena dapat merusak dan memberikan trauma yang sangat mendaalam bagi sang korban yaitu anak-anak.
            Maka dari itu berikut ini adalah merupakan analisis-analisis permasalahan pedofilia di lingkungan sosial dengan mempertimbangkan aspek internal dan eksternal dilihat dari segi :

2.1 KEKUATAN (STRENGTH)
a.      Untuk menciptakan keamanan bersama bagi anak-anak didalam lingkungan tempat kita tinggal
b.      Melindungi generasi penerus bangsa dari bahaya pedofil yang dapat menyebabkan trauma dan bahkan depresi berat untuk mereka.
c.       Menjaga keamana lingkungan dan kekkondusifan bersama
d.     Membasmi tindakan pedofil yang ada di lingkungan sosial dan negara kita, agar tidak muncul kembali.
2.2 KELEMAHAN (WEAKNESS)
a.      Kurangnya pengawasan daripada orangtua dan edukasi seks yang terkesaan sedikit canggung di negara kita karena berbudaya timur.
b.      Lingkungan tempat tinggal yang sangat tidak sehat dan sangat bebas.
c.       Warga tidak saling mengenal satu sama lain,maka timbul rasa cuek bila terjadi sesuatu kepada tetangganya.
d.     Pendidikan yang tidak sanggup di raih bagi sebagian anak-anak karena masalah ekonomi keluarganya.

2.3 PELUANG (OPPORTUNITY)

a.      Kurangnya kesadaran masyarakat tentang betapa pentingnya mengajarkan edukasi seks bagi anak-anak mereka.
b.      Sosialisasi yang dilakukan oleh pemerintah tidak merata keseluruh kalangan masyarakat
c.       Pergaulan yang tidak baik dan terkesan meniru atau mengimitasi budaya barat
d.     Para pelajar,mahasiswa,dan masyarakat yang berpendidikan tidak mau bergerak untuk mengedukasi masyarakat sekitarnya.
2.4 TANTANGAN(THREATS)
a.      Sangat sulit mengidentifikasi seseorang dengan kelainan pedofilia karena mereka terlihat normal-normal saja
b.      Memberdayakan penderita pedofil dan tidak mengucilkan mereka
c.       Mengawasi gerak-gerik seseorang yang mencurigakan di daerah sekitar lingkungan
d.     Membuka mata masyarakat luas bahwa pedofilia adalah sebuah ancaman yang sangat berbahaya bagi anak-anak dan kelangsungan bangsa Indonesia.









BAB III. KESIMPULAN DAN REKOMENDASI
3.1 KESIMPULAN
a.      Pedofil atau pedofilia adalah gangguan kelainan seksual yang dialami oleh individu baik dari kalangan remaja,dewasa,dan bahkan lanjut usia
b.      Dalam memerangi pedofil edukasi seks daripada orangtua dan guru harus diajarkan kepada anak-anak sesuai dengan porsi mereka
c.       Pelajar,mahasiswa,dan golongan yang memiliki pendidikan yang tinggi juga harus turut memantau dan mengambil tindakan di lingkungan tempat mereka tinggal
d.     Jangan menghakimi para pelaku pedofil atau mengucilkan mereka.Tetapi bawalah mereka kepada pihak yang berwenang untuk diberikan edukasi seks.

  3.2 .REKOMENDASI
a.      Dalam memerangi pedofil masyarakat harus bahu membahu untuk memantau keadaan lingkungan sosial dan tidak bisa hanya cuek dengan apa yang sedang terjadi di lingkungan mereka.
b.      Pemerintah dan pihak yang berwenang juga sangat perlu untuk melakukan pemberdayaan dan mengambil sikap tegas bagi para pelaku pedofil.
c.       Keluarga dan sekolah harus saling bekerjasama memberdayakan anak-anak agar dapat mengidentifikasikan seseorang dengan niat yang tidak baik kepada mereka,agar mereka dapat terhindar daripada pedofil.
d.     Pelajar,mahasiswa dan golongan elit harus terjun ke lingkungan sosial dalam membantu masyarakat dalam memerangi kasus pedofil yang kerap terjadi di Indonesia.
DAFTAR PUSTAKA
1. http://industrial-engineering059.blogspot.co.id/2015/11/makalah-analisis-swot-masalah-sosial.html
3. Asmawi, Mohammad (Edt), Lika-liku Seks Menyimpang Bagaimana Solusinya,Yogyakarta 2015
4. Faisal Salam, Moch, Hukum Acara Peradilan Anak Di Indonesia. Jakarta 1977
5. http://digilib.uin-suka.ac.id/15849/1/BAB%20I,%20V,%20DAFTAR%20PUSTAKA.pdf






Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja