Makalah ilkmiah "Meme,sebagai Fenomena di Sosial Media"

Mata Kuliah  :  Ilmu Sosial Dasar
Dosen : Muhammad Burhan Amin

Topik Makalah/Tulisan

MEME, SEBAGAI FENOMENA DI SOSIAL MEDIA

 



Kelas  :  1-IA23

Tanggal Penyerahan Makalah : 16 Januari 2017
Tanggal Upload Makalah  :  17 Januari 2017


 


P E R N Y A T A A N

Dengan ini saya menyatakan bahwa seluruh pekerjaan dalam penyusunan makalah ini saya buat sendiri tanpa meniru atau mengutip dari tim / pihak lain.

Apabila terbukti tidak benar, saya siap menerima konsekuensi untuk mendapat nilai 1/100 untuk mata kuliah ini.




P e n y u s u n



N P M
Nama Lengkap
Tanda Tangan
51416457
BOBY PARDAMEAN







Program Sarjana Teknik Informatika


UNIVERSITAS GUNADARMA


                                                           

KATA PENGANTAR

Puji dan syukur kita tuturkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena dengan rahmat dan kasih setianya kita semua masih diberikan rahmat kesehatan dan umur yang panjang oleh-Nya
            Mengamati keberadaan suatu hal didunia maya yang kita kenal sebagai  Meme
Saya tertantang untuk lebih mengulik lagi fenomena dunia maya yang sudah menjadi tren dikalangan para pengguna internet baik muda ataupun tua.Sebagaimana kita semua mengetahui bahwa meme sudah bukan menjadi hal yang baru lagi di lima tahun belakangan ini, disetiap sosial media kita mungkin dipenuhi dengan meme di timeline nya. Oleh karena itu maka tergeraklah pikiran dan batin saya untuk membuat sebuah makalah ilmiah bertajub
“Meme,Sebagai Fenomena Di Sosial Media”. Dengan rendah hati penulis menyadari betul akan banyak kesalahan dan kekurangan yang terjadi didalam penulisan makalah ini. Oleh karena itu penulis memohon pemaklumanya dari para pembaca yang terhormat dan tidak menutup diri untuk berbagai macam kritik,saran,dan masukkan.
                        Akhir kata penulis berharap,supaya makalah ini dapat berguna bagi kita memahami dan menggunakan meme dengan baik sehingga dapat dipergunakan dalam kehidupan demokrasi didalam negara kitaa tercinta.



                                                                                               

                                                                                                Bekasi, 15 Januari 2017




                                                                                                       (Boby Pardamean)





DAFTAR ISI



PERNYATAAN…………………………..i
KATA PENGANTAR…………………….ii
DAFTAR ISI………………………………iii
BAB I PENDAHULUAN………………….1
            1.1 Latar Belakang…………………1
            1.2 Tujuan…………………………..1
            1.3 Sasaran………………………….1
BAB II PERMASALAHAN………………..2
            2.1 Pengertian meme………………..2
            2.2 Penyebeab lahirnya meme………2
            2.3 Kekuatan(Strenghts)……………3
            2.4 Kelemahan(Weakness)………….3
            2.5 Peluang(Opportunity)…………...4
            2.6 Tantangan/Hambatan(Threats)……………….5
BAB III KESIMPULAN DAN REKOMENDASI……….6
            3.1 Kesimpulan……………………………………6
            3.2 Rekomendasi…………………………………..6
REFRENSI………………………………………………...7
 Bab I
PENDAHULUAN




1.1 Latar Belakang
Meme adalah merupakan fenomena yang terjadi didalam dunia maya dalam kurun waktu kurang dari lima tahun belakangan ini. Meme adalah sesuatu yang sifatnya untuk menyindir,menghibur,dan bahkan mengkritik oleh sebab itu meme juga dapat diartikan sebagai karikatur.
                 Dan bahkan menurut kamus  Merriam-Webster , meme saat ini sudah menjadi seperti kebudayaan dan dianalogikan sebagai sebuah gaya,ide,dan gagasan yang disebarkan melalui satu orang keorang lain. Maka dari itu meme sangat cepat beredar di dunia maya,karena memang selain tampil dengan gaya baru yang lebih menarik meme juga dating dengan konsep banyolan yang lucu dank has yang tidak dapat kita temukan di hal-hal yang lain.
Berdasarkan fakta-fakta diatas maka tergeraklah pikiran saya untuk menulis sebuah makalah ilmiah untuk mengulik lebih dalam lagi tentang meme yaitu mengenai dampak negatif dan positif yang dapat ditimbulkannya.
1.2 Tujuan
Menyatakan meme adalah sebuah hal yang positif dan dapat berguna sebagai media penyaluran aspirasi masyarakat
1.3 Sasaran
Sasaran dalam penulisan makalah ilmiah ini adalah setiap kalangan dari masyarakat dan juga para mahasiswa terlebih lagi bagi para penggerak inndustri kreatif tanah air.

Bab II
PERMASALAHAN

2.1  Pengertian meme
Meme (dibaca mim) berasal dari Bahasa Yunani yaitu minesis yang berarti sesuatu yang meyerupai atau tiruan.

2.2 Penyebab lahirnya meme
Meme pertama kali digunakan oleh Richard Dawkins, seorang ahli biologi dari Britania Raya, pada tahun 1976 dalam bukunya yang berjudul The Selfish Gene. Dawkins menggunakan istilah meme untuk menjelaskan bagaimana prinsip Darwinian (pengikut teori Darwin) dalam menyebarkan informasi atau fenomena budaya.
Dawkins memberi contoh meme dalam bentuk nada, susunan kata, kepercayaan, gaya berpakaian, dan perkembangan teknologi. Meme dapat menyebar dan dapat mempengaruhi objek atau orang lain karena adanya replikasi dari meme-meme sebelumnya.
Di era perkembangan teknologi seperti sekarang ini, banyak meme yang tersebar di internet. Meme yang tersebar di internet biasanya disebut dengan internet meme. Internet meme adalah sesuatu yang menjadi terkenal dan tersebar melalui internet, seperti gambar, video, atau bahkan orang. Sering kali meme di internet muncul dalam bentuk gambar yang dimodifikasi atau direplikasi dan disertai tulisan.
                 Itu adalah sekilas tentang asal usul dari meme, lalu dengan beranajaknya waktu dan perkembangan teknologi yang semakin cepat dan relevan.Kita harus lebih berhati-hati dalam membuat atau menyebarkan sebuah meme karena kita harus menjaga perasaan sesame pengguna internet lainya (netizen).

2.3 Kekuatan (Strenghths)
a)      Meme sudah mendunia
Hal ini dibuktikan dengan selalu adanya sebuah meme disetiap sosial media dewasa ini, hal ini dapat dijadikan sebagai indikator bahwa sesungguhnya banyak sekali para pengguna internet yang menggemari meme
b)      Lebih menarik dan menghibur
Sudah tidak dapat dipungkiri lagi bahwa keberadaan meme sudah sangat banyak membantu bagi para pengguna internet baik dalam urusan mengkrritik dan mengkritisi kebijakan pemerintah sampai menjadi bahan bercandaan yang sangat menggelitik.

c)         Meme dapat menghasilkan uang
Sebagai pengguna internet yang kreatif dan hobi dengan membuat sebuah karya meme tentu saja dapat menghasilkan sebuah keuntungan bernilai materi.Bila yang dikerjakanya banyak yang menyukai dan menjadi  viral .
            d)         Sebagai wadah positif menghantakrkan aspirasi
Meme juga dapat menjadi wadah yang sangat baik untuk kita menyampaikan aspirasi, itu karena meme dikemas dalam kemasan yang lucu dan cenderung tidak serius.
2.4 Kelemahan(Weakness)
            a)         Meme  sudah banyak yang membuatnya
Hal ini dapat menjadi beban bagi para pendatang baru yang ingin mencoba peruntungan dalam hal membuat meme .
            b)         Pemiihan gambar tidak boleh seenaknya
Dalam membuat atau membagikan sebuah meme kita harus teliti dan memperhatikan lebih detail,apakah terdapat gambar yang terlihat berlebihan atau mungkin tidak etis.
            c)         Masyarakat sudah mulai bosan dengan meme
Hal ini terjadi karena,banyak sekali meme  yang menggunakan gambar yang sama dan hanya berbeda kalimatnya.
            d)         Kurang kritis
Karena konsepnnya yang cenderung  lebih bercanda, jadi konten yang disampikan kurang tepat sasaran dan dikritisi.
2.5 Peluang(Oppurtunity)
            a)         Menjadi tempat pendulang rupiah
                        Hal ini dapat terjadi karena meme banyak digemari dan dapat dipublikasikan
            b)         Mendirikan komunitas
Seperti kita ketahui pada zaman sekarang sudah banyak sekali peredaran komunitas pencinta meme dan dengan itulah kita dapat mendapat teman baru dan mengekspolr kemampuan membuat meme kita sendiri.
            c)         Mengkampanyaken anti narkoba
Sebagai mahasiswa kita harus memanfaatkan meme untuk mendorong terwujudnya impian pemerintah yaitu kita dapat mengkampanyaken tentang bahaya narkoba.
            d)         Menghibur masyarakaat
                        Kita dapat membuat meme yang lucu-lucu untuk menghibur masyarakat

2.6  Tantangan/Hambatan(Threats)
            a)         Peraturan ITE
Dalam membuat meme kitaa juga harus mempertimbangkan peraturan pemerintah dan tak menyepelekanya.
            b)         Kecepatan Internet
Dalam membuat dan membagikan sebuah meme kita memerlukan adanya jaringan internet maka dari itu pastikan kuota data yang kita miliki dalam kondisi prima.
            c)         Adanya pendapat bahwa meme adalah tidak mendidik
Sebagai mahasiswa kita harus menepis persepsi tersebut dari kalangan masyarakat.Karena bila digunakan dengan sebenarna, meme adalah sebuah media yang sangat mendidik dan berguna serta menyenangkan.
            d)         Mengedukasi masyarakat membuat meme
Karena faktanya banyak masyarakat kita yang belum mahir dan bisa mengoperasikan komputer. Maka dari itu kita harus memberi bantuan









Bab III
KESIMPULAN DAN REKOMENDASI

3.1 Kesimpulan
    Meme adalah contoh sebuah karya dari kemajuan zaman pada era infformatika seperti saat ini.Meme adalah sebuah media yang sangat baik dalam menyampaikan aspirasi dan sebagai media sekedar untuk bercanda gurau saja,tetapi kita juga harus memperhatikan undang-undang ITE buatan pemerintah sehingga tidak membuat meme dengan maksud mempecah belah dan berisi konten yang mengajak masyarakat menjdai lebih buruk lagi. Sebaiknya kita menggunakan meme sebagai hal untuk mrngampanyekan berbagai kegiatan positif.




3.2 Rekomendasi
     Dalam membuat sebuah meme kita perlu memperhatikan gambar yang kita pilih agar mrnjadi semenarik mungkin dan tidak melanggar peraturan perundang-undangan yang telah ditentukan oleh pemerintah.Serta diharapkan dapat mengkampanyekan berbagai macam kegiatan positif.









Refrensi
3. Widya Arifiyanti 2014, if youknow what happened in MCI , Jakarta Loveables


                 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja