Tari Tor-Tor Warisan Budaya Sumatera Utara

Sebelumnya selamat datang kedalam blog saya, dan kali ini saya akan sedikit bercerita tentang kebudayaan yang sangat familiar dengan saya. Tari tor-tor adalah merupakan salah satu kebudayaan turun temurun dari suku saya, yaitu tak lain adalah suku Batak yang berasal dari Toba, Sumatera Utara.
           Mengapa saya dapat mengatakan bahwa tari tor-tor sangat dekat dengan kehidupan saya? Karena jujur saja bahwa keluarga saya masih sangat memegang teguh nilai-nilai adat, ya walaupun tak ada anggota keluarga saya yang merupakan penari tor-tor asli. Tetapi saya kerap kali melihat tarian ini dibawakan kedalam berbagai event seperti pernikahan,arisan,dan bonataon yaitu adalah acara pergantian tahun. Tarian ini bebas ditarikan oleh pria maupun wanita, di kepulauan samosir dan pesisir danau Toba, tari tor-tor dijadikan sebagai tarian penyambut selamat datang bagi para turis yang hendak berlibur.Tetapi bila ditarikan oleh penari proffesionalnya, mereka menggunakan stelan kebaya dan dibalut oleh kain khas asal Batak yaitu ulos, tetapi Ulos yang digunakan tidak dapat sembarangan ulos karena ulos sendiri adalah dapat dikatakan sebagai pengekspresian dan rasa simpati oleh masyarakat Batak Toba, sebagai contoh bila tarian tor-tor dibawakan pada saat pemakaman, maka ulos yang digunakan oleh penari akan lebih ke bernuansa gelap dan bila dibawakan saat acara pernikahan maka ulos yang dikenakanpun berwarna cerah (biasanya merah dengan pernik-pernik berwarna emas).
                                   Walaupun belum diketahui kapan dan bagaimana tarian ini dikenal dan berkembang.Tetapi tarian yang memiliki ciri khas dengan menghentak-hentakan kaki kelantai dan ayunan tangan dan jari yang cennderung simetris ini, merupakan kebudayaan asli dari Batak Toba yang sampai saat ini masih hidup dan  digemari keekstensianya. Tarian tor-tor pada mulanya diiringi oleh alunan gondang dan saruling yang merupakan alat musik tradisional asal Batak Toba. Tetapi pada era sekarang rata-rata tarian tor-tor diiringi oleh alat musik yang modern.

Baiklah para pembaca sekalian sekian yang dapat saya ceritakan tentang tarian tor-tor asal Batak Toba yang dapat saya ceritakan, kepada kalian semua pada kesempatan kali ini.
    Demikian hal yang dapat saya sampaikan. Dan jangan lupa lestarikan budaya asli Indonesia
                
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja