Tugas 1 : Desain Pemodelan Grafik

Yo guys welcome back to my blog yahh, pada kesempatan kali ini saya akan mengulas sedikit pengetahuan untuk kita semua tentang pemodelan dan desain grafik.Cocok deh buat para readers sekalian yang emang punya ketertarikan dengan Desaining berbasis komputer, dan bicara soal desain juga memang pasarnya pasti ada-ada aja terus gitu guys.So langsung deh ya kita masuk ke topik bahasan kita sekarang. Stay Tune!

Pengertian Desain dan Pemodelan Grafik







Desain pemodelan grafik merupakan suatu proses penciptaan suatu obyek baru dengan menggunakan software dan melalui beberapa tahapan, yakni membuat, menyimpan dan memanipulasi model dan citra. Desain pemodelan grafik terdiri dari 3 suku kata, yaitu “Desain”, “Pemodelan”, “Grafik” dengan memiliki arti sbb :


-- Desain : Seni terapan, arsitektur dan pencapaian kreatif lainnya.
-- Pemodelan : Pola/contoh dari sesuatu yang akan dibuat atau dirancang.
-- Grafik : Pengungkapan dan perwujudan dalam bentuk huruf, symbol dan gambar dengan melakukan proses pencetakan.
-- Desain Grafik : Seni dalam berkomunikasi menggunakan tulisan, ruang dan gambar. Bidang ini merupkan bagian dari komunikasi visual. Ilmu desain grafis mencakup seni visual, tipografi, tata letak dan desain interaksi.
Nah simplenya sih gitu guys penjelasanya tuh, untuk softwarenya sendiri banyak deh di Internet kalo kepo bisa liat fitur dan spesifikasi dari berbagai macam software desain yang ada terus tinggal dicocokin aja deh sama kenyamanan readers sekalian.



Prinsip & Unsur Pemodelan Grafik
Nah kalo tadi kita udah pada baca kan soal pengertian dari pengertian desain dan pemodelan grafik. Nah sekarang kita akan membahas yang lebih detail dari cuma pengertianya aja nih guys, yok kita simak bareng-bareng.
Pertama yang ingin kita bahas prinsip atau pedoman nya nih. Namanya aja udah prinsip ini kayaknya pegangan banget nih untuk kita semua yang ingin mulai belajar soal dunia desaining dan modeling berbasis grafik, gausah pake lama-lama ini dia prinsip-prinsipnya:
a.   Kesederhanaan
       Banyak pakar desain grafis menyarankan prinsip ini dalam pekerjaan desain.
b.  Keseimbangan
      Keseimbangan adalah keadaan atau kesamaan antara kekuatan yang saling 
     berhadapan dan menimbulkan adanya kesan seimbang secara visual.
c.    Kesatuan
        Kesatuan adalah kohesi, konsistensi, ketunggalan atau keutuhan yang 
       merupakan isi pokok dari komposisi.

d.    Penekanan (Aksentuasi)
       Dimaksudkan untuk menarik perhatian pembaca, sehingga ia mau melihat 
      dan membaca bagian desain yang dimaksud.
e.    Irama (Repetisi)
                  Irama merupakan selisih antara dua wujud yang terletak pada ruang                           serupa dengan interval waktu antara dua nada music beruntun yang sama.

Jadi itu semua kira-kira pedoman yang kita perluin untuk berkutat dengan dunia permodelingan dan desaining guys, nah untuk unsur-unsur dasarnya bisa dibaca dibawah sini nih guys.


          a. Garis (Line)
  Sebuah garis adalah unsur desain yang menghubungkan satu titik poin dengan 
  titik poin lainnya sehingga bisa berbentuk gambar garis lengkung (curve) atau 
  lurus (straight).

b. Bentuk (Shape)
    Bentuk adalah sesuatu yang memiliki diameter tinggi dan lebar.



c. Huruf (Character)
   Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang dapat digunakan untuk
   membentuk sebuah tulisan sebagai Bahasa verbal dengan bentuk visual 
   langsung seperti A, B, C dll.


d. Simbol (Symbol)
    Sesuatu yang dipresentasikan dalam bentuk visual yang mewakili bentuk  secara sederhana dan dapat dipahami secara umum sebagai lambang untuk menggambarkan suatu bentuk benda nyata. Misalnya gambar orang, bintang, bulan matahari dalam bentuk symbol. Bukan dalam bentuk nyata (dengan detail). 

e. Bentuk Nyata (Form)
    Bentuk ini nyata dan mencerminkan kondisi fisik dari suatu obyek. Seperti 
    gambar manusia secara detail, hewan dan benda lainnya.

f. Tekstur (Texture)
   Teksture adalah tampilan permukaan dari sutau benda yang dapat dinilai 
   dengan cara dilihat atau diraba.

g. Ruang (Space)
    Ruang merupakan jarak antara suatu bentuk dengan bentuk lainnya, ini dapat 
   dijadikan unsur utnuk memberi efek estetika desain dan dinamika desain 
   grafis.

h. Ukuran (Size)
   Ukuran adalah unsur lain dalam desain yang mendefinisikan besar kecilnya 
   suatu objek.

i. Warna (Color)
              Dengan warna orang bisa menampilkan identitas, menyampaikan pesan atau 
              membedakan sifat dari bentuk-bentuk visual secara jelas.


Desain Pemodelan Grafis Dari Interaksi
Manusia dengan Komputer.


Nah ini nih mungkin pokok pembahasan kita guys, karena sekarang teknologi memudahkan user atau siapa saja pelaku industri desaining. Tentunya interaksi antar komputer dan user harus kita bahas juga nih guys, seberapa berpengaruh si emangnya? penting ga sih?, daripada banyak berangan-angan yuk kita simak deh nih.
Kemampuan estetika dari desain grafis dan tipografi adalah peningkatan yang penting terhadap desain sistem manusia-komputer sebagai pengguna antarmuka menjadi lebih fleksibel dan powerfull. Bagaimanapun, hal ini belum dapat diklaim untuk menjadi media baru yang tekstual dan penampilan grafik yang diunggulkan. Jelasnya, tidak ada individu dapat diharapkan mempunyai pelatihan formal di semua bidang tersebut, walaupun permintaan cukup tinggi untuk orang dengan latar belakang multidisipliner, gabungan kemampuan sistem komputer dengan beberapa keahlian ilmu manusia.

Suatu alternatif yang lebih realistis adalah untuk menuju ke suatu kesadaran akan tingkat pemahaman menyeluruh dari subjek bidang-bidang yang relevan, mungkin dikombinasikan dengan ilmu yang khusus dalam satu bidang atau lebih. Tingkat kesadaran dari ilmu pengetahuan adalah esensi khusus untuk insinyur dan ilmuwan komputer, yang secara mendasar diharapkan mendesain antarmuka pengguna-sistem sebagai bagian dari sistem proses desain secara menyeluruh.

Interaksi komputer dengan manusia atau dengan bahasa inggris dikenal dengan "Human--computer Interaction/HCI", merupakan ilmu yang mempelajari hubungan antara komputer dengan manusia yang meliputi rancangan, evaluasi dan juga implementasi antar muka pengguna komputer agar mudah di gunakan oleh manusia.

Ilmu ini berusaha untuk menemukan cara yang paling efektif untuk dapat merancang pesan secara elektronik, sedangkan interaksi manusia dan komputer sendiri merupakan serangkaian proses, diaog dan kegiatan yang dilakukan oleh manusia untuk berinteraksi dengan komputer yang keduanya saling memberikan masukan dan umpan balik melewati sebuah antar muka untuk mendapatkan hasil akhir yang diharapkan. 

Tujuan dari interaksi ini adalah agar memudahkan manusia dalam melakukan pengoperasian teradap komputer dan memperoleh beberapa umpan balik yang mereka perlukan selama mereka bekerja menggunakan komputer dan juga mengharapkan agar system komputer yang dirancangnya dapat bersifat akrab dan ramah penggunanya (user friendly). Kita membutuhkan interaksi tersebut agar kita bisa lebih cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan serta membuat waktu dalam prosesnya menjadi lebih cepat dan juga itu akan mmempengaruhi biaya yang akan di keluarkan.

Elemen-elemen  Desain Grafis Komunikasi Visual

Apaan ajasih elemenya? dan kegunaan masing-masing elemenya, yuk deh kita baca lagi nih yang ada dibawah ini nih.


1. Tata letak Perwajahan (Layout)
Layout adalah merupakan pengaturan yang dilakukan pada buku, majalah, atau bentuk publikasi yang lain, sehingga teks dan ilustrasi sesuai dengan bentuk yang diharapkan. Layout juga meliputi semua bentuk penempatan dan pengaturan untuk catatan tepi, pemberian gambar, penempatan garis tepi, penempatan ukuran dan bentuk ilustrasi.


2. Tipografi
Tipografi merupakan seni memilih huruf, dari ratusan jumlah rancangan atau desain jenis huruf yang tersedia, menggabungkannya dengan huruf yang berbeda, menggabungkan sejumlah kata yang sesuai dengan ruang yang tersedia, dan menandai naskah untuk proses typesetting, mengguankan ketebalandan ukuran huruf yang berbeda. Tipografi yang baik mengarah kepada keterbacaan dan kemenarikan, dan desain huruf tertentu dapat menciptakan gaya (style) dan karakter atau menjadi karakteristik subjek yang diiklankan. Tipe-tipe huruf mengesankan nuansa-nuansa tertentu, seperti kesan berat, ringan, kuat, lembut, jelita, dan sifat-sifat atau nuansa yang lain.


3. Ilustrasi
Ilustrasi dalam karya desain komunikasi visual dibagi menjadi dua, yaitu ilustrasi yang dihasilkan dengan tangan atau gambar dan ilustrasi yang dihasilkan oleh kamera atau fotografi. Ilustrasi dapat mengungkapkan sesuatu secara lebih cepat dan lebih efektif dari pada teks. Ilustrasi digunakan untuk membantu mengkomunikasikan pesan dengan tepat dan cepat serta mempertegas sebagai terjemahan dari sebuah judul, sehingga bisa membentuk suatu suasana penuh emosi dari gagasan seakan-akan nyata. Dengan ilustrasi, maka pesan menjadi lebih berkesan, karena pembaca akan lebih mudah mengingat gambar daripada kata-kata.


4. Simbolisme
Simbolisme sangat efektif digunakan sebagai sarana informasi untuk menjembatani perbedaan bahasa yang digunakan karena sifatnya yang universal dibanding kata-kata atau bahasa. Bentuk yang lebih kompleks dari symbol adalah logo. Logo meruakan identifikasi dari sebuah perusahaan karena logo harus mampu mecerminkan citra, tujuan, jenis serta objectivitasnya agar berbeda dari yang lainnya.


5. Warna
Warna merupakan elemen penting yang dapat mempengaruhi sebuah desain. Pemilihan warna dan pengolahan atau penggabungan satu dengan yang lainnya akan dapat memberikan suatu kesan atau image yang khas dan memiliki karakter yang unik, karena setiap warna memilki sifat yang berbeda-beda.


6. Animasi
Penggunaan unsure-unsur gerak atau disebut animasi khususnya dalam multimedia akan menimbulkan kesan tersendiri bagi yang melihatnya. Brdasarkan teknis pembuatannya, animasi dibagi menjadi dua, yaitu:

  •  Animasi dua dimensi (2D), adalah animasi yang berkesan datar (flat), baik itu karakter maupun warnanya.
  • ·Animasi tiga dimensi (3D), adalah karakter yang dibuat dapat dilihat dari berbagai sudut pandang dan adanya kesan mendalam atau berdimensi ruang.
Penggunaan animasi dalam sebuah desain multimedia dapat menjadikan tampilan menjadi lebih menarik dan dinamis. Pemilihan jenis animasi yang digunakan bergantung pada kebutuhannya sehingga desain yang dihasilkan dapat lebih efektif dan efisien.


7. Suara
Suara merupakan elemen pendukung yang digunakan untuk lebih menghidupkan suasana interaksi dalam multimedia interaksi, suara dibedakan menjadi dua, yaitu suara utama dan suara pendukung. Suara utam adalah suara yang mengiringi pengguna selama interaksi berlangsung, sedang suara pendukung merupakan suara yang terdapat pada tombol-tombol.



Sumber :
 

  • http://tipskompunet.blogspot.co.id/2015/10/pengertian-desain-dan-pemodelan-grafik.html
  • http://ilhampratamap.blogspot.co.id/2012/10/desain-pemodelan-grafis-dari-segi.html
  • http://tyasinblog.blogspot.com/2015/12/elemen-elemen-desain-komunikasi-visual.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja