Softskill : Pengantar Bisnis Informatika #1


Definisi Bisnis

Bisnis adalah kata serapan dari bahasa Inggris yaitu "Business"  yang berarti kesibukan bila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia.Dalam konteks sederhana bisnis dapat diartikan melakukan aktivitas baik dilakukan perindividu ataupun organisasi yang melibatkan aktivitas produksi,penjualan,penjualan,maupun pertukaran barang dan jasa,dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan atau laba. Sebagaimana dikemukakan oleh  Steinford(1979) bahwa "Business is an institution which produces goods and services demanded by people".[5] Yang artinya bahwa bisnis merupakan lembaga yang menghasilkan barang atau jasa yang dibutuhkan oleh masyarakat. Semakin kebutuhan masyarakat meningkat berarti semakin meningkat pula aktivitas bisnis yang akan dilakukan oleh lembaga bisnis,sembari mengambil laba.[6]


     Bisnis sudah semakin menjamur dan semakin banyak bisnisnya. Jadi pada penulisan kali ini yang akan dimasukkan adalah jenis-jenis bidang bisnis yang sudah ada dari dulu dan masih bertahan atau tetap ada pada era sekarang. Yaitu diantara lain :

  • Bisnis Ekstraktif

Kegiatan bisnis yang bergerak dalam bidang pertambangan dengan menggali bahan-bahan tambang yang terkandung di dalam perut bumi.
Misalnya: batu bara, emas, besi, intan, alumunium, tembaga, semen, bisnis minyak dan gas bumi.

  • Bisnis Agraris

Kegiatan bisnis yang bergerak di bidang pertanian, peternakan, perkebunan, perikanan dan kehutanan.

  • Bisnis Industri

Kegiatan bisnis yang bergerak di bidang industri manufacturing, misalkan industri pesawat terbang, rokok, garmen, tekstil, kapan, mebel, kertas, dan sebagainya.

  • Bisnis Jasa

Kegiatan bisnis yang bergerak di bidang jasa yang menghasilkan produk-produk tidak terwujud seperti jasa asuransi, pendidikan, pariwisata, kesehatan, perbankan, kecantikan, dan sebagainya.[5]
Tujuan Dan Manfaat Bisnis
Pada dasarnya adalah tujuan dari tiap individu,lembaga atau perusahaan melakukan bisnis,adalah untuk mendapatkan laba yang sebesear-besarnya. Tetapi bila kita lihat lebih jauh dan detailnya lagi,terdapat beberapa tujuan bisnis yaitu :
  • Melakukan pengadaan atau barang yang dibutuhkan masyarakat.
  • Memenuhi kesejahteraan.
  • Untuk meningkatkan ekstistensi perusahaan atau lembaga.
  • Menciptakan Lapangan pekerjaan bagi masyarakat.
  • Memajukan perekonomian masyarakat secara umum.
Manfaat yang didapatkan saat berbisnis tentunya juga profit dan laba. Tetapi dilain hal itu juga, bisnis membuat kita lebih kreatif dan inovatif, serta juga tangkas dalam mengambil keputusan. Karena dalam menjalankan sebuah bisnis tentunya kita perlu aturan dan pencapaian.[3]



Definisi TIK

Istilah TIK mulai muncul setelah adanya poerpaduan antara teknologi komputer dengan menggunakanteknologi komunikasi pada pertengahan abad ke-20.
TIK atau yang dalam bahasa inggrisnya biasa disebut dengan "Information  and Communication Technologies" atau bisa disingkat sebagai ICT. Dapat diartikan sebagai payung besar terminologi yang mencakup semua peralatan atau perkakas teknik, untuk memproses dan menyampaikan informasi. TIK mencakup dua aspek yaitu teknologi informasi dan teknologi komunikasi, berikut penjelasanya:
  • Teknologi informasi, meliputi segala hal-hal yang berkaitan dengan proses,penggunaan alat bantu,dan juga untuk manipulasi atau pengelolaan informasi.
  • Teknologi komunikasi adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan penggunaan alat bantu dalam memproses serta mentransfer dari perangkat yang satu ke perangkat yang lainya.[4]



Manfaat TIK

Manfaat yang dirasakan oleh manusia dengan berkembangnya TIK sangat banyak dan beragam. Mulai dari manfaat di bidang komunikasi,percetakan,dan juga pembelajaran. Dengan banyaknya berbagai perangkat keras dan perangkat lunak yang baru bermunculan semakin membantu kita untuk berkomunikasi dengan simple dan juga dengan waktu yang cepat. Didalam dunia percetakan sendiri seiring banyaknya inovasi baru mengenai perangkat keras komputer membuat para pelaku percetakan semakin mudah dalam melakukan pekerjaanya,dan konsumenpun terpuaskan karena tidak perlu menunggu lama lagi. Dalam bidang pendidikan kemajuan pesat TIK ini juga sangat membantu sekali para pelajar, bagaimana tidak dengan hadirnya TIK didalam pembelajaran bisa membangkitkan suasana belajar menjadi lebih ekspresif dan juga interaktif.

Perkembangan Bisnis Informatika

Bisnis Informatika berkembang sangat pesat di Indonesia, hal ini dipengaruhi dengan banyaknya bisnis yang dapat dilakukan melalui gadget. Dalam mendukung bisnis yang kita lakukan, kita perlu mempunyai sebuah perangkat yang mempermudah kita. Dan perangkat TIK baik dalam bentuk perangkat keras maupun perangkat lunak,sudah sangat terbukti dapat mempermudah usaha kita. Pesatnya perkembangan dibidang TIK bisa kita rasakan dengan semakin banyaknya pameran-pameran hardware dan laptop baru yang membludak disetiap tahunya. Perangkat lunakpun demikian, semua orang berlomba-lomba menciptakan aplikasi yang dapat memudahkan kehidupan manusia.[1]


Profil

Image result for traveloka
                                                            Gambar 1.0 Traveloka


Traveloka merupakan Startup yang berasal dari Indonesia. Yang bergerak dalam bidang jasa dan pelayanan. Dimana dengan menggunakan Traveloka para konsuen dapat membooking tiket pesawat atau hotel dengan gadget. Berikut ulasan mengenai Traveloka:

Cakupan Wilayah    : Indonesia,Singapura,Thailand,Vietnam,Malaysia,Fillipina
Tahun Berdiri          :  2012
CEO                        :  Ferry Unardi
Kantor Pusat           : Jakarta
Jumlah Karyawan   : 1200
Website                   : www.traveloka.com




Daftar Pustaka

     Diakses pada 10 Oktober 2019.
[2] http://kompasiana.com Diakses pada 10 Oktober 2019




Komentar

  1. Memilih Paket Internet Rumahan mungkin harus mengedepankan fitur terlebih dahulu. Karena jika murah namun fitur yang didapat sedikit dan tidak bisa membuat internetan terasa lancar, maka percuma saja. Kenyamanan adalah hal yang paling utama.

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja