Tugas Softskill : Pengantar Bisnis Informatika #3
KATA PENGANTAR
Segala puji bagi Allah Subhanahu wa Ta’ala atas berkat rakhmat dan hidayahnya menuntun
kami sehingga mampu menuntaskan proposal Perusahaan Nodeflix. Sholawat serta
salam semoga tetap tercurahkan kepada junjungan nabi besar Muhammad Shalallahu Alaihi wa Sallam yang telah
membawa manusia dari zaman kebodohan kedalam zaman yang terang benderang
seperti saat ini.
Dibuatnya proposal Perusahaan Arkanis Vision ini untuk
memenuhi tugas mata kuliah kewirausahaan. Dalam proses pembuatannya tentu kami
mengalami berbagai kendala, namun atas bantuan dari banyak pihak akhirnya kami
bisa menyelesaikannya. oleh karena itu melalui kesempatan ini kami menyampaikan
terimakasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada semua pihak terkait yang
telah membantu terselesaikannya tugas ini terutama dari Ibu Jamilah selaku
dosen matakuliah kewirausahaan.
Kami memohon maaf yang sebesar-besarnya bilamana ada
kesalahan dalam proposal ini. Kritk dan saran selalu kami harapkan demi
kesempurnaan tugas
Bekasi, 22
Desember 2019
Penulis
DAFTAR ISI
Kata
Pengantar .....................................................................................
Daftar
Isi
................................................................................................ 1
Executive
Summary
.............................................................................. 3
BAB I PENDAHULUAN
1.1. Identitas Perusahaan
............................................................ 5
1.2. Bidang Usaha dan Bentuk Hukum
Usaha ........................... 5
1.3. Visi dan Misi
Perusahaan..................................................... 4
1.3.1 Visi
............................................................................ 4
1.3.2 Misi
............................................................................ 4
1.4. Tujuan dan Sasaran Perusahaan
.......................................... 5
1.5. Analisis Kompetensi SDM
................................................... 5
1.6. Rencana Pengembangan Usaha .......................................... 5
1.7. Keberhasilan Usaha
............................................................. 5
1.8. Analisa SWOT
..................................................................... 6
1.8.1 Strength (Kekuatan)
.................................................... 6
1.8.2 Weakness (Kelemahan)
..............................................
6
1.8.3 Opportunity (Peluang)
................................................ 6
1.8.4 Treath (Ancaman)
....................................................... 7
BAB II ASPEK PASAR DAN
RENCANA PEMASARAN
2.1. Gambaran Umum Pasar
...................................................... 8
2.2. Analisa Pemasaran
.............................................................. 8
2.2.1.
Konsumen ............................................................ 8
2.2.2. Perkiraan Jumlah
Permintaan (Konsumen)............
8
2.2.3.
Strategi Pemasaran
................................................. 9
2.2.4.
Analisis Pesaing
................................................... 10
2.2.5.
Peluang Usaha
...................................................... 12
BAB III ASPEK
PRODUKSI
3.1. Produk dan Jasa .................................................................... 13
3.2. Proses Produksi
.................................................................... 13
3.3. Jumlah
Tenaga Kerja
............................................................ 14
3.3.1. Manager
Proyek….....................................................
|
14
|
3.3.2. Sekretaris
..................................................................
|
15
|
3.3.3. Keuangan .
.................................................................
|
15
|
3.3.4. HRD
………...............................................................
|
15
|
3.3.5. Programmer .
.............................................................
|
15
|
3.3.6.
Teknisi……................................................................
|
15
|
BAB IV ASPEK KEUANGAN
|
|
4.1.
Rencana Anggaran Biaya
....................................................
BAB V PENUTUP
|
16
|
5.1. Kesimpulan
.........................................................................
|
18
|
5.2. Saran
...................................................................................
|
18
|
Executive Summary
Smart city merupakan sebuah
terobosan terbaru dalam bidang teknologi informatika. Smart city dapat digunakan oleh badan institusi pemerintah untuk
melakukan pemantauan dalam berbagaib aspek terlebih soal kemacetan yang sering
terjadi di Jakarta.
Nodeflix merupakan perusahaan
yang bergerak dalam perencanaan dan pelaksanaan kota pintar. Nodeflix dapat
membuatkan sebuah sistem terintegrasi yang mudah dioperasikan dan juga sangat user friendly. Dalam perencanaan kota
pintar atau smart city, Arkanis Vision menyediakan banyak sekali
fitur untuk terciptanya sebuah kota yang lebih aman,nyaman dan tentunya
menurunkan angka kriminalitas, fitur-fitur tersebut mencakup antara lain :
1.
Face recognition
2.
People Trajectory
3.
Vehicle Counting
and Classification
4.
License Plate
Recognition
Fitur-fitur tersebut
dirasa cukup untuk menunjang dalam pembangunan kota pintar atau smart city
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Identitas Perusahaan
Perusahaan ini bernama Arkanis
Vision yang bergerak dalam perencanaan dan pembangunan kota pintar. Tujuan
dari berdirinya perusahaan ini adalah untuk menerapkan konsep smart city dengan teknologi Computer Vision untuk Indonesia dan
menciptakan ekosistem kota yang lebih aman dan nyaman.
1.2 Bidang Usaha dan Bentuk Hukum Usaha
Badan usaha yang kami dirikan ini
baru dan belum mempunyai badan hukum yang tatap, namun dalam perkembangannya
nanti kami akan mengajukan pembuatan NPWP agar kami mempunyai badan hukum yang
tetap. Untuk teknologi yang kami gunakan bersifat fleksibel dan sesuai dengan
permintaan client.
1.3 Visi dan Misi Perusahaan
1.3.1 Visi
Menjadi Developer smart city dengan teknologi Computer
Vision pertama di Indonesia, dengan kerja maksimal untuk terciptanya
ekosistem kota yang lebih baik
1.3.2 Misi
Misi dari Arkanis Vision adalah untuk menciptakan
kota pintar untuk menunjang keamanan dan kenyamanan para penduduknya.
1.4 Tujuan dan Sasaran Perusahaan
Tujuan dari perusahaan ini adalah
untuk membangun suatu Sistem untuk meningkatkan kenyamanan dan produktivitas
dari pihak berwenang untuk menindaklanjuti sebuah tindak criminal. Baik
kejahatan lalu lintas dan lan sebagainya.
Sasaran perusahaan ini adalah pemerintah
kota dan juga institusi negara yang membutuhkan sistem ini.
1.5 Analisis Kopetensi SDM
Tim kami mempunyai Sumber Daya yang
berkualitas untuk menjalankan usaha di bidang computer vision, computer science dan machine learning, di buktikan dengan pekerja yang sudah
berpengalaman dan tersertifikasi dibidangnya masing-masing
1.6 Rencana Pengembangan Perusahaan
Perusahaan ini akan dikembangan
berdasarkan visi dan misi yang sudah menjadi komitmen semenjak awal perusahaan
ini dibentuk. Langkah-langkah yang akan kami lakukan antara lain sebagai
berikut:
1.
Mensosialisasikan tentang konsep smart city kepada masyarakat,pemerintah,dan juga institusi yang
berwenang.
2.
Merekrut dan mentraining karyawan untuk menjamin daya
kerja perusahaan agar tetap prima.
1.7 Keberhasilan Perusahaan
Kami yakin perusahaan ini akan dapat
diterma oleh semua pihak dan dapat berkembang dengan pesat, dikarenakan
perusahaan yang bergerak dalam konsep smart
city masih sangat sedikit di Indonesia bahkan di Asia Tenggara. Dengan
komitmen bekerja dan juga kemampuan yang dimiliki oleh sumber daya yang
dimiliki oleh perusahaan kami. Kami yakin bahwa perusahaan ini akan menjadi
Developer terdepan dalam urusan perencanaan kota pintar.
1.8 Analisa SWOT
1.8.1 Strength (Kekuatan)
Kekuatan dari Perusahaan ini adalah
:
1
Memiliki sumberdaya yang sangat berkualitas
2
Menggunakan Teknologi terbaru.
3
Dapat bekerja sesuai targer yang ditentukan.
4
Memberikan pelayanan dan hasil yang memuaskan.
5
Salaha satu developer terbaik di Indonesia.
1.8.2 Weakness (Kelemahan)
Kelemahan dari
Perusahaan ini adalah :
1.
Membutuhkan modal yang besar.
2. Konsep
smart city yang kurang tersosialisasi
1.8.3 Opportunity
(Peluang)
Peluang dari perusahaan ini adalah :
1.
Smart city merupakan
hal baru di Indonesia
2.
Perusahaan yang bergerak dalam perencanaan kota pintar
sangat sedikit.
3.
Datang dengan konsep yang sudah matang.
1.8.4 Threat
(Ancaman)
1.
Masih banyak oknum pencuri cctv dan perusak cctv
2. Kurangnya modal yang dimiliki oleh perusahaan saat ini.
BAB II
ASPEK PASAR DAN RENCANA PEMASARAN
2.1 Gambaran
umum pasar
Prospek pasar
dibidang pembuatan system smart city luas,
Kami berfokus untuk membuat system smart city yang memiliki pendapatan yang
tinggi, dan kesibukan bisnis yang tinggi. Untuk itu kami berfokus pada ibu kota
di seluruh provinsi indonesia.
2.2 Analisa
Pemasaran
2.2.1. Konsumen
a. Sasaran Utama
Konsumen
1. Pemerintah Ibu kota dan kota-kota besar setiap
Provinsi di Indonesia.
2.2.2. Perkiraan
Jumlah Permintaan ( Konsumen )
Dari data
persediaan product dan jasa di atas dapat di perkirakan jumlah permintaan dan
penawaran setiap bulannya dari konsumen dengan data sebagai berikut :
Analisa Penjualan produk dan jasa dalam bulan
ke 1-3
Product dan Jasa
|
Harga Satuan
|
Jumlah Permintaan
|
Total
|
Keterangan
|
Desain
Sistem smart city
|
Rp
5.000.000,-
|
4
|
Rp
20.000.000,-
|
|
Membuat
system smart city
|
||||
Rp.1
M,-
|
2
|
Rp 1
M,-
|
||
Optimasi
smart city yang ada
|
Rp
25.000.000,-
|
2
|
Rp
50.000.000,-
|
|
Perbaikan
Sistem yang rusak
|
||||
Rp
10.000.000,-
|
4
|
Rp 40.000.000,-
|
||
Pemasangan
Alat
|
Rp
5.000.000,-
|
2
|
Rp
10.000.000,-
|
|
Pemeliharan
alat
|
-
|
-
|
-
|
gratis
|
Total Perkiraan Permintaan
|
14
|
Rp
1.120.000.000,-
|
2.2.3. Strategi Pemasaran
a. Keterangan
Produk
Produk yang akan
di jual berupa pelayanan jasa yang di kerjakan oleh anggota tim yang sudah
memiliki skil dan keterampilan di masing-masing bidang.
b. Keunggulan
Produk dan Jasa
Produk yang kami
sediakan memiliki kualitas yang baik, dan system yang terintegritas. Selain
produk, jasa perawatan yang kami sediakan bersifat gratis, dan dicek secara
berkala sebulan sekali. Hal tersebut dilakukan agar konsumen puas telah
mempercayai perusahaan kami.
c.
Harga Produk
Harga yang di
tawarkan itu bergantung pada tingkat atau level permintaan dari klien banyaknya
modul yang dibutuhkan.
d.
Jalur Penjualan
Penjualan
Produk dan jasa akan Kami lakukan baik dengan mengajukan proposal aplikasi
kepada pemerintah provinsi atau pun kota-kota besar di Indonesia.
e.
Promosi
Untuk promosi
priorotas utama kami adalah melalui presentasi langsung ke-kantor kantor dan
lembaga yang membutuhkan sebuah sistem smart city untuk kota-kota di Indonesia.
f.
Garansi
Setiap Penjualan jasa yang kami lakukan akan kami
berikan garansi yaitu maintenance aplikasi selama 6 bulan setelah kontrak
berakhir.
2.2.4. Analisis Pesaing
a. Tahap
Survey Pesaing
Tahap survei yang
kami lakukan untuk menganalisis pesaing di Indonesia yang akan kami jalankan
yaitu dengan meninjau produk-produk
smart city di Asia Tenggara.
b. Jumlah
Pesaing
Dari survei yang
kami lakukan ada beberapa perusahan di Asia Tenggara yang telah membuat system smart city yaitu :
Daerah Lokasi
|
Jumlah
|
Singapura
|
3
|
Malaysia
|
1
|
Thailand
|
1
|
Keunggulan dan Kekurangan
Pesaing
Dari data yang
kami kumpulkan ada beberapa kelebihan dan kekurangan pesaing
Kelebihan :
1. Tenaga Ahli yang lebih banyak
2. Jumlah Sistem yang sudah buat
3. Tingkat kepercayaan konsumen yang sudah tinggi
Kekurangan :
1. Tingkat Pelayanan jasa yang masih kurang nyaman
dan
ramah
2. Keterlambatan waktu perbaikan komputer bahkan
untuk instalasi komputer itu mencapai 1 hingga 2 hari
3. Semua bentuk pelayanan jasa mempunyai nilai bayar
2.2.5 Peluang Usaha
Dari beberapa
kekurangan yang ada pada pesaing, maka kami bisa melihat peluang pasar yang
cukup menguntungkan, dimana untuk menarik pelaggan kami menyediakan layanan
maintenance dan konsultasi masalah IT secara gratis. Kami juga mengutamakan
pelayanan jasa yang cepat. Hal inilah yang akan membuat peluang usaha pembuatan
system smart city di Indonesia cukup
tinggi.
BAB III
ASPEK PRODUKSI
3. Produk dan Jasa
Berikut ini merupakan produk atau jasa yang kami tawarkan :
1.
Face Recognation (Pengenalan Wajah)
2.
People Trajectory (Lintasan Pejalan/Orang)
3.
Vehicle Counting and Classification (Penghitung dan
Klasifikasi Kendaraan )
4.
License Plate Recognition ( Pengenalan Plat Kendaraan)
Dari keempat produk tersebut terdapat pekerjaan developer
sesuai dengan kontrak yang ditawarkan kepada client. Berikut ini pekerjaan
developer:
·
Setup Penemptan Kamera
·
Pembuatan program License Plate Recognition
·
Perancangan Database
·
Integrasi Alat dengan Database
·
Optimasi Kecepatan deteksi
·
Kemanan protocol dari Alat
·
Maintenance dan Update
Jenis layanan
yang kita tawarkan dari perusahaan kami diantaranya:
• Mendesain
sebuah sistem kota pintar
• Membuat
sistem kota pintar dengan Teknologi Computer Visison
• Optimasi
sistem kota pintar yang sudah ada
• Perbaikan
sistem yang rusak
• Pemasangan
alat
• Pemeliharaan
alat
3.2 Proses Produksi
A. Adapun
proses pemesanan serta pembuatan sistem kota pintar, diantaranya :
1. Pertemuan
atau rapat antara client dengan pihak developer untuk membahas sistem yang
ingin dibuat.
2. Mencatat
kebutuhan apa saja yang diperlukan untuk sistem tersebut.
3. Lalu
pihak developer akan menawarkan desain awal sistem kota pintar .
4. Survey
lokasi oleh developer, teknisi, serta client.
5. Pertemuan
kedua developer mempresentasikan estimasi lama pengerjaan dan estimasi biaya
yang diperlukan. Jika client setuju maka akan mendatangani surat persetujuan
pembayaran dan sebagainya.
6. Developer
akan membuat sistem kota pintar.
7. Pemasangan
alat atau hardware pada lokasi sistem oleh teknisi.
8. Setelah
selesai developer akan bertemu kembali dengan client untuk penyerahan system
3.3 Jumlah Tenaga Kerja
Terdapat 6
departemen dengan jumlah tenaga kerja yang berbeda antar departemen. Misalnya
pada departemen programmer dan teknisi jumlah tenaga kerja berbeda-beda
tergantung dari tingkat kesulitan proyek. Keenam departemen tersebut mempunyai
tugas dan tanggung jawab masing - masing :
3.3.1 Manager Proyek ( 5 orang ) 1
orang/proyek
• Mengatur
semua tugas yang developer
• Melakukan
pemecahan masalah apabila terdapat kendala
• Melakukan
penjadwalan pengerjaan setiap modulenya
• Melakukan
meeting dengan client di dalam ataupun diluar kantor
3.3.2 Sekretaris (5 orang) 1 orang/proyek
• Melakukan
pencatatan client yang datang
• Melakukan
pencatatan kinerja dari setiap pekerja
• Bertanggung
jawab dengan IT Project Manager
3.3.3
Keuangan (5 orang) 1 orang/proyek
• Melakukan
estimasi biaya proyek
• Mengelola
keuangan
• Membuat
laporan keuangan
3.3.4 HRD (3 orang)
• Mengelola
kinerja staff
• Mengelola
programmer dan teknisi yang cocok dengan proyek
• Mengelola
programmer dan teknisi yang ingin bergabung dengan proyek
3.3.5 Programmer ( 3-5
orang/proyek )
• Melakukan
design sistem kota pintar
• Membuat
sistem kota pintar berdasarkan permintaan client
• Melakukan
testing terhadap sistem yang sudah dibuat
• Perbaikan
sistem jika sistem yang ada terdapat bug atau rusak
• Optimasi
sistem yang sudah ada.
• Melakukan
perawatan system
3.3.6 Teknisi ( 5-10 orang/proyek )
• Melakukan
pemasangan alat di lapangan
• Melakukan
perawatan alat atau perangkat keras di lapangan
BAB IV
ASPEK KEUANGAN
4.1 Rencana Anggaran Biaya
Anggaran biaya
merupakan catatan kebutuhan pengeluaran saat ingin membuat sebuah perusahaan.
Total biaya yang dibutuhkan sebesar Rp 78.890.000
(Tujuh Puluh Delapan Juta Delapan Ratus Sembilan
Puluh Ribu Rupiah). Berikut ini adalah rincian pengeluarannya
Kebutuhan
Modal Awal :
NO
|
PERALATAN
|
SATUAN
|
HARGA/SATUAN
|
JUMLAH
|
1
|
Sewa Ruangan
|
1 tahun
|
Rp
50.000.000
|
Rp
50.000.000
|
2
|
Komputer
|
2 set
|
Rp
3.000.000
|
Rp
6.000.000
|
3
|
Meja dan Kursi Kantor
|
3 set
|
Rp
1.000.000
|
Rp
3.000.000
|
4
|
Telfon
|
1 buah
|
Rp
500.000
|
Rp
500.000
|
5
|
Kabel Rol
|
4 buah
|
Rp
35.000
|
Rp
140.000
|
6
|
Printer within Scanner
|
2 set
|
Rp
700.000
|
Rp
1.400.000
|
7
|
Kamera Tersembunyi
|
1 set
|
Rp
3.500.000
|
Rp
3.500.000
|
8
|
Papan Tulis
|
1 set
|
Rp
250.000
|
Rp
250.000
|
9
|
Pemasangan WIFI
|
2 set
|
Rp
1.250.000
|
Rp
2.500.000
|
10
|
Speaker
|
1 set
|
Rp
500.000
|
Rp
500.000
|
11
|
Alat Kebersihan
|
1 set
|
Rp
100.000
|
Rp
100.000
|
12
|
Dispenser
|
1 buah
|
Rp
350.000
|
Rp
350.000
|
13
|
Kulkas Kecil
|
1 buah
|
Rp
500.000
|
Rp
500.000
|
TOTAL
|
Rp
68.390.000
|
Biaya Bulanan :
NO
|
PERALATAN
|
JUMLAH
|
1
|
Biaya Listrik
|
Rp 2.000.000
|
2
|
Biaya Air
|
Rp 1.500.000
|
3
|
Biaya Telfon
|
Rp 2.000.000
|
4
|
Biaya WIFI
|
Rp 2.500.000
|
TOTAL
|
Rp 8.000.000
|
Perlengkapan Bulanan :
NO
|
PERLENGKAPAN
|
SATUAN
|
HARGA/SATUAN
|
JUMLAH
|
1
|
ATK
|
1 set
|
Rp
500.000
|
Rp
500.000
|
2
|
Kertas A4 80gr
|
5 rim
|
Rp
80.000
|
Rp
400.000
|
3
|
Amplop Coklat Besar
|
5
dozens
|
Rp
60.000
|
Rp
300.000
|
4
|
Amplop Coklat Kecil
|
3 dozens
|
Rp
50.000
|
Rp
150.000
|
5
|
Amplop Putih
|
5 dozens
|
Rp
30.000
|
Rp
150.000
|
6
|
Biaya Tak Terduga
|
1 Bulan
|
Rp
1.000.000
|
Rp
1.000.000
|
TOTAL
|
Rp
2.500.000
|
Maka untuk perealisasian awal
membutuhkan dana atau modal awal sebesar :
c.
Kebutuhan Modal Awal : Rp 68.390.000
d.
Biaya Bulanan :
Rp 8.000.000
e.
Perlengkapan Bulanan : Rp 2.500.000
TOTAL MODAL Rp 78.890.000
BAB V
PENUTUP
5.1 Kesimpulan
Arkanis Vision
didirikan atas dasar rasa tanggung jawab oleh pemuda bangsa, sebagai upaya
partisipatif untuk berkontribusi dalam membangun Indonesia melalui
keterampilan, peluang, dan niat baik yang harus kita lakukan. Kami didesak
untuk mengambil peran kami sebagai katalis kuat revolusi bangsa dalam kemajuan teknologi.
Kami ingin menjadi pemain besar di industri yang menginspirasi hal-hal besar
berikutnya yang akan dibawa negara ini ke dunia.
5.2
Saran
Agar pelaksanaan suatu usaha dapat
berjalan lancar, kami mempunyai beberapa saran,antara lain:
1.
Terus mengikuti perkembangan teknologi.
2.
Mempunyai etos kerja yang tinggi.
3.
Selalu mendengarkan kritik dan saran dari orang
lain.
4.
Mampu menghasilkan produk yang berkualitas dan inovatif
demi menyukseskan program smart city.
5.
Mengutamakan kepuasaan yang dirasakan oleh public.
YouTube - YouTube Video Games - Vimeo
BalasHapusVimeo - Watch Video Games, Documentaries, TV Shows, Biography, Music, Games and youtube converter more. Explore, share and connect with other vimeo creators here.