Genre game

Ada banyak genre game yang bisa dimainkan, namun meski sering memainkan game tertentu, bisa jadi  Anda belum tahu nama genre dari game tersebut. Atau bisa jadi ada beberapa nama genre yang asing didengar meski gameplay-nya telah akrab dimainkan.

Artikel ini berniat untuk memberikan informasi yang cukup lengkap tentang berbagai genre game, penjelasan, contoh game serta video yang bisa memberikan gambaran gameplay  seperti apa genre tersebut.

Semoga artikel ini bisa menjadi semacam panduan untuk informasi tentang genre game.  Dan kami sadar bahwa kemungkinan ada genre yang terlewat, Anda bisa memberi tahu kami lewat akun Twitter atau Facebook DailySocial untuk genre game yang belum masuk di daftar ini.

Selamat membaca.

Stealth game

Sesuai namanya, game-game di genre ini menitikberatkan aspek sembunyi-sembunyi meskipun sebetulnya mereka masih masuk ke kategori action. Beberapa game lawas memang menyimpan elemen stealth, namun ia baru betul-betul memperoleh sorotan berkat kesuksesan Metal Gear Solid, Tenchu dan Thief – judul terakhir ini ialah pionir game stealth bergrafis 3D di PC. Dari sana, berkembang begitu pesat, melahirkan franchise-franchise ternama: contohnya Splinter Cell dan Hitman.

Uniknya formula stealth juga diadopsi oleh game action lain, yaitu Assassin’s Creed, Crysis, Uncharted, sampai dua permainan Fallout terbaru.


Interactive movie

Film interaktif muncul di masa ketiga belum adanya sistem klasifikasi yang memisahkan kategori genre. Awalnya, ia disuguhkan dalam video full-motion – baik animasi ataupun live-action – via laserdic. Seperti genre lainnya, interactive film turut berevolusi, dan terobosan terbesar di sana dilakukan oleh Quantic Dream lewat Fahrenheit (atau Indigo Prophecy di Amerika).

Sejak saat itu, developer Perancis ini menjadi pemuka di ranah interactive movie dengan kreasi-kreasi terkenal seperti Heavy Rain dan Beyond: Two Souls. Hal ini juga mendorong banyak developer lain menggarap film interaktif mereka, beberapa yang terkenal dan terbaru meliputi The Walking Dead, The Wold Among US, Her Story, Life Is Strage, serta Until Dawn.



Visual novel

Jika interactive movie mencoba menggabungkan film dengan game, maka visual novel ialah inkarnasi komik di video game.Permainan jenis genre game ini dipenuhi gambar-gambar statis a la anime atau dengan animasi minimalis (kadang dilengkapi suara), menyajikan berbaris-baris teks. Tema yang diangkat umumnya petualangan, dating simulator, dan tidak sedikit visual novel ditujukan buat kalangan dewasa.

Visual novel sangat populer di Jepang, menguasai 70 persen pasar game PC. Tetapi di luar Asia Timur – khususnya di negara-negara barat – peminatnya boleh dibilang cukup kecil, kecuali sejumlah visual novel berbasis franchise anime ternama.



Construction & management simulation

Genre simulasi ini mempersilakan pemain membangun, memperluas sampai mengelola komunitas atau proyek fiktif – dan tentu saja tidak ada lawan yang harus Anda kalahkan kecuali keputusan-keputusan yang keliru.

Pengembangan construction and management simulation melahirkan dua sub-genre populer, seperti city building (SimCity dan Cities: Skylines), simulasi bisnis (Railroad Tycoon, Theme Park), simulasi pemerintahan (Democracy, SuperPower, berbeda dari genre wargames karena tidak mengedepankan elemen militer), serta game pengelolaan olahraga (Football Manager, Championship Manager, Out of the Park Baseball).





Vehicle simulation

Seperti management simulation, vehicle simulation memiliki banyak sekali sub-genre, dan seringkali melebur ke genre lain. Intinya, permainan-permainan dalam tipe genre game  ini mencoba menghidangkan pemain pengalaman mengendarai alat transportasi senyata mungkin, entah itu mobil, pesawat terbang, kapal laut atau kapal selam, sampai pesawat luar angkasa.

Tidak sedikit game vehicle simulation dipadu bumbu militer, misalnya saja seri Silent Hunter serta World of Warplanes. Segmen simulasi mobil sendiri boleh dibilang sebagai yang paling populer, siapa y

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja