Arsitektur Web

Hai guys selamat fatang lagi ya kedalam blok saya :). Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang Arsitektur Web,HTTP,HTML,dan Web Server. Yuk kita simak bersama-sama!



Pengertian Arsitektur Web


Arsitektur WEB merupakan suatu pendekatan terhadap desain dan perencanaan situs yang mana seperti pengertian arsitektur itu sendiri, melibatkan teknis, kriteria estetis dan fungsional. Seperti dalam arsitektur tradisional, fokusnya adalah benar pada pengguna dan kebutuhan si user. Dan didalam sebuah arsitektur web itu terdapat berbagai macam aplikasi utama, dan aplikasi itu disebut dengan Aplikasi Utama Web yang dimana didalamnya terdapat: HTTP,HTML,dan web Server. Tetapi sebenarnya masih ada juga aplikasi Web utamanya,tetapi yang akan kita fokus ulas adalah yang tiga diatas.



HTTP

HTTP merupakan singkatan daripada Hypertext Transfer Protocol. dan HTTP ini berperan seperti jembatan penghubung antara client dan server.  Sebuah client contohnya web browser biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP kesebuah port tertentu. Dan sebuah  server HTTP yang mendengar/merespon port tersebut akan menunggu request dari client yang nantinya akan menunjuk kesebuah halaman yang ditentukan oleh si client.


HTML

HTML (Hypertext Markup Language) adalah pemrograman yang digunakan untuk membuat sebuah halaman web. Dan menampilkan berbagai informasi kedalam sebuah web browser yang biasa kita gunakan seperti iternet dan pemformatan hiperteks sederhana yang ditulis dengan berkas format ASCII yang dimaksudkan agar mendapatkan tampilan yang solid.
           HTML dapat dikatakan merupakan sebuah transformasi dari bahasa yang biasa digunakan dalam dunia penerbitan yaitu SGML(Standard Generalized Markup Language).Dan sekarang HTML merupakan standard internet yang dikendalikan penggunaanya oleh World Wide  Web Consortium (W3C)

Web Server

Web server merupakan tempat transfer data atas permintaan pengguna menggunakan protokol komunikasi yang telah ditentukan. Didalam sebuah halaman web dapat terdiri dari tulisan/artikel,video,gambar,musik, dan lain sebagainya nah pemanfaatan web server ini juga dapat digunakan untuk mentransfer konten-konten tersebut. Pemanfaatan server web saat ini tidak hanya terbatas tentang publikasi situs web.
          Pada prakteknya penggunaan server web dapat juga diaplikasikan kedalam bermacam-macam hardware seperti kamera web,router,printer dan lain sebagainya yang menyediakan layanan HTTP dalam jaringan lokal.


Yap guys itu tadi sekilas ulasan saya tentang Arsitektur Web dan juga sebagian inti aplikasi penunjang daripada arsitektur web itu sendiri, semoga artikel kali ini berguna untuk kita semua dan sampai jumpa pada kesempatan lainya.



Sumber :
  • https://made21indra.wordpress.com
  • https://mfshiddiq.blogspot.co.id
  • Supriyanto Aji, "Arsitektur dan Desain Informasi Pada Web"


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja