Cloud Computing

Hai guys welcome back to my blog yha. Kali ini saya akan mencoba mengulas dan membahas sedikit tentang Cloud Computing. Apaan si Cloud Computing? Pernah denger pasti kan guys? Tapi tau ga itu apaan? kalo gatau cocok banget nih kita simak bareng-bareng. Langsung aja yah guys.


Cloud Computing dan Sejarahnya

Meskipun aslinya kita sudah banyak mendapatkan manfaat dari cloud computing ini sejak lama, tetapi ternyata banyak diantara kita yang belum ngeh benar dengan pengertian -  definisi, dan juga sejarahnya. Beberapa orang juga masih enggan memakai fitur dan segala kelebihan komputasi awan – demikian istilah bahasa Indonesia-nya. Penyebabnya ada beberapa. Tapi yang paling mendasar adalah kualitas dan kecepatan akses internet yang menjadi tulang punggung layanan berbasis cloud computing.
Ok, supaya tidak menambah bingung, mari kita coba cari tahu apa sih cloud computing itu.
Definisi Cloud Computing di Wikipedia dan Menurut Para Ahli
  • Wikipedia.  Di dalam halaman khusus mengenai cloud computing di Wikipedia, kita bisa menemukan definisi sebagai berikut: “komputasi berbasis Internet, ketika banyak server digunakan bersama untuk menyediakan sumber daya, perangkat lunak dan data pada komputer atau perangkat lain pada saat dibutuhkan, sama seperti jaringan listrik”.
  • Gartner memberi definisi seperti ini: “sebuah cara komputasi ketika layanan berbasis TI yang mudah dikembangkan dan lentur disediakan sebagai sebuah layanan untuk pelanggan menggunakan teknologi Internet.”
  • Forester agak berbeda definisinya dengan memasukkan unsur layanan gratis dan berbayar seperti ini:  “standar kemampuan TI, seperti perangkat lunak, platform aplikasi, atau infrastruktur, yang disediakan menggunakan teknologi Internet dengan cara swalayan dan bayar-per-pemakaian.”
  • IEEE Internet Computing "Cloud Computing adalah suatu paradigma di mana informasi secara permanen tersimpan di server di internet dan tersimpan secara sementara di komputer pengguna (client) termasuk di dalamnya adalah desktop, komputer tablet, notebook, komputer tembok, handheld, sensor-sensor, monitor dan lain-lain."
Sejarah cloud computing dimulai pada tahun1960-an, John McCarth seorang pakar komputer dari MIT meramalkan bahwa suatu hari nanti komputerisasi akan menjadi infrastruktur publik layaknya seperti berlangganan listrik atau telepon. Kemudian pada akhir tahun 1990-an, lahir konsep ASP (Application Service Provider) yang ditandai munculnya perusahaan pengolah data center. Selanjutnya pada tahun 1995, Larry Ellison, pendiri Oracle, melahirkan wacana “Network Computing” pasca penetrasi Microsoft Windows 95 yang merajai pasar software dunia pada saat itu. Ide itu menyebutkan bahwa PC tidak perlu dibenamkan software yang membuat berat kinerja dan cukup diganti sebuah terminal utama berupa server. Pada awal tahun 2000-an, Marc Beniof, eks Vice President Oracle melansir aplikasi CRM berbentuk “software as a service” bernama Salesforce.com sebagai penanda lahirnya cloud computing. Tahun 2005, situs online shopping Amazon.com meluncurkan Amazon EC2 (Elastic Compute Cloud), diikuti Google dengan Google App Engine, dan IBM yang melansir Blue Cloud Initiative.

Yo guys itu dia tuh tadi sejarah dan pengertian dari cloud computing dari beberapa ahli dan dari wkipedia,gimana cukup kan yha? 


Sumber : 
  •            https://www.wikipedia.org/  
  •            https://dee-belajar.blogspot.co.id/2014/08/pengertian-cloud-computing.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja