CGI dan Pengaruhnya Didalam Dunia Perfilman (Tugas Softskill - Teknologi New Media)

Film adalah sebuah seni yang bisa menjadi sarana komunikasi yang dibuat berdasarkan asas sinematografi dengan direkam pada pita seluloid, pita video, piringan video, dan/atau bahan hasil penemuan teknologi lainnya dalam segala bentuk, jenis, dan ukuran melalui proses kimiawi, proses elektronik, atau proses lainnya, dengan atau tanpa suara, yang dapat dipertunjukkan dan/atau ditayangkan dengan sistem proyeksi mekanik, elektronik, dan/atau lainnya.
           Diera perkembaangan zaman yang begitu pesat maka film bukan lagi sekedar seni melainkan sudah menjadikanya sebuah industri yang sangat meriah dan besar. Oleh sebab itu para sutradara diseluruh dunia berlomba-lomba ingin menciptakan film dengan kualitas gambar baik dan juga efek yang realistis.
Dan salah satu teknologi yang saat ini tengah banyak digunakan di berbagai macam film layar lebar Hollywood adalah CGI (Computer Generated Imagery)
Foto diatas merupakan salah satu contoh film yang menggunakan teknologi CGI . film ini berjudul 300- Rise of an Empire. Bagaimana sangat hebat bukan? dengan menggunakan teknologi ini sutradara dapat menciptakan efek gambar yang sangat artistik dan memacu daya fantasi para pennontonya. CGI sendiri adalah teknik penerapan teknologi komputer grafis 3D untuk pembuatan spesial efek. Dan dapat kita lihat dari gambar diatas bahwa selain menggunakan CGI para sutradara juga menggunakan layar berwarna hijau atau green screen untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal. Sebelumnya sudah ada blue screen atau layar biru yang pada saat itu lebih dulu populer, namun seiringnya waktu pembuat film lebih menyukai layar hijau karena lebih mudah dalam pengeditan.
Ini adalah salah satu film layar lebar yangu menggunakan layar biru atau blue screen. film ini berjudul life of pie . Mengapa penggunaan layar hijau atau greenscreen lebih mudah untuk diedit? hal ini dikarenakan Penggunaan utama layar hijau ditujukan lebih menonjolkan objek utama sekaligus melakukan blocking terhadap latar belakang sehingga mudah untuk diedit atau dihilangkan untuk diganti dengan gambar lain.Dengan penggunaan  CGI dan greenscreen maka hasil visual efek yang tercipta akan lebih terlihat nyata dan menarik. Tetapi harga untuk Teknologi CGI ini sangatlah mahal. Oleh sebab itu sutradara maupun rumah film industri di Indonesia masih belum bisa memilikinya. Tetapi kita tidak perlu berkecil hati dan harus tetap mendukung industri perfilman tanah air ya guys.



Sumber :
https://inet.detik.com/fotoinet/d-3410228/teknologi-di-balik-efek-visual-film-hollywood

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja