VAR

Hi guys seamat datang lagi yah kedalam blog saya, pada kesempatan kali ini saya akan membahas dan mengulas teknologi digital media yang dipergunakan kedalam olahraga sepak bola.
       Belakangan ini para penggemar sepakbola sedunia dikagetkan dengan kemunculan teknologi baru yang dipergunakan dalam olahraga ini, teknologi tersebut disebut VAR(video assistant referree) nah apa sih VAR ini sebenarnya? oke langsung aja guys saya akan mulai mengulasnya.

VAR ini fungsinya adalah untuk membantu wasit mengambil keputusan seperti:
  • Gol dan adanya pelanggaran dalam proses terjadinya
  • Keputusan pemberian tendangan penalti
  • Keputusan pemberian kartu merah (kartu kuning kedua tidak dapat ditinjau ulang)
  • Kesalahan identitas saat memberikan kartu kuning dan merah
Image result for apa itu video assistant referee?
Nah ini adalah VAR, kamera yang digunakan bukan sembarangan loh guys, kamera tersebut memiliki fokus yang sangat tajam dan detail. Dan di klaim dapat melihat garis gawang dalam keadaan berkabut dari jarak yang sangat jauh guys. Nah tetapi gimana si caranya si kamera VAR ini membantu wasit dalam mengambil keputusan yah guys? Tenang guys ternyata kamera VAR juga di gerakkan dan diawasi oleh teknisi-teknisi yang handal
Image result for video assistant referee 
Nah ini adalah para teknisi yang akan menggerakan kamera VAR kearah yang rancu. Dan para teknisi inilah yang akan memberikan sensor gol,out,dan offside yang sangat tipis kepada wasit dan para hakim garis yang berada di dalam lapangan. Bila terjadi gol maka gelang sensor pada wasit akan bergeetar dan menyala, hal ini adalah tanda dari para teknisi VAR yang memberi tahukan wasit.
         Jadi guys keren banget yah kemajuan DIgital Cinema diera kita sekarang ini, bahkan bisa sampai digunakan dalam dunia olahraga seperti sepakbola. Dan jadi makin enak deh kita nontonya. Tetapi sayang kamera VAR ini tidaklah murah dan baru liga-liga eropa dan sebagian dari liga Amerika yang masih menggunakanya, dan rata-rata liga di afrika dan asia belum mengaplikasikan teknologi ini.



Sumber : https:// www.wikipedia.com ; https://www.google.co.id

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengertian 2D,3D,4D, Dan 5D Dalam Dunia Film

Alat-alat Penunjang Visual Modern

Tugas Poster : Poster Keselamatan Kerja